Searching...
Thursday, June 4, 2015
3:04 AM 0

Kenali 4 jenis musuh manusia di dunia


ALLAH SWT senantiasa menganjurkan untuk saling bersatu, bersahabat antara satu dengan yang lainnya. Menjalin silaturahim menjadi langkah utama untuk mewujudkan hal itu. Dan Allah tidak menyukai orang yang mempunyai musuh. Namun, kali ini kita akan mengungkap bahwa ternyata manusia itu mempunyai musuh yang sesungguhnya. Siapakah mereka?

Al Faqih memberitahukan bahwa manusia di dunia ini mempunyai empat musuh yang masing-masing membutuhkan perjuangan untuk mengalahkannya, keempat hal itu adalah:

1. Dunia, di mana ia merupakan bujukan dan tipu daya. Allah Ta’ala berfirman, “Kehidupan dunia hanyalah kesenangan yang memperdaya,” (QS. Ali Imran: 185).

Dalam ayat lain Allah Ta’ala berfirman, “Maka janganlah sekali-kali kamu terpedaya oleh kehidupan dunia, dan jangan sampai kamu terpedaya oleh penipu dalam (menaati) Allah,” (QS. Luqman: 33).

2. Hawa nafsunya sendiri, dan ini merupakan musuh yang paling jahat.

3. Setan.

4. Setan manusia. Hati-hatilah terhadap setan manusia karena ia lebih berbahaya daripada setan jin, karena setan jin itu menggoda dengan bisikan, sedangkan setan manusia yaitu teman yang jahat, menggoda dengan langsung bertatap muka dan terang-terangan, di mana ia selalu berusaha untuk membujuk Anda.

Nah, tugas kita sebagai makhluk yang berakal, harus lebih cermat dalam menghadapi musuh-musuh itu. Kita harus bertindak dengan baik agar tidak salah dalam melangkah. Hati-hati dengan segala jebakan yang telah disediakan oleh keempat hal itu bagi kita. Dan pondasi paling awal untuk menguatkan diri kita ialah keimanan dan ketakwaan kepada Allah. Maka, dekatkanlah diri kita kepada Allah, agar Allah senantiasa melindungi dari musuh-musuh itu. Wallahu ‘alam.


0 comments:

Post a Comment