Searching...
Monday, June 8, 2015
11:34 PM 0

Pemilik Facebook: Islam teramat menarik buat saya


Ini adalah sejarah dunia yang ditulis oleh seorang cedikiawan yang hidup di zaman 1300-an. Buku ini fokus pada kehidupan masyarakat dan aliran budaya, termasuk penciptaan kota, politik, perdagangan dan ilmu pengetahuan, yang begitu teramat menarik buat saya” tulis status Zuckerberg tentang buku The Muqaddimah.

Salah satu keinginan Mark Zuckerberg di 2015 adalah, membaca buku penting lalu mendiskusikannya ke para pengguna Facebook. Buku Islam menjadi pilihannya.

Zuckerberg biasanya akan memilih sebuah buku yang ia anggap memiliki pandangan yang luas, serta memberikan pengaruh yang besar bagi kehidupan sosial dan bisnis.

The Muqaddimah menjadi buku salah satu pilihan Zuckerberg. Buku ini bercerita tentang sejarah manusia dan alam semesta yang ditulis oleh ilmuwan Islam bernama Ibnu Khaldun.

Pria yang 2011 lalu mendapat julukan ‘Yahudi Paling Berpengaruh’ oleh The Jerusalem Post itu lantas mengajak para warga Facebook untuk berbagi pendapat soal buku tersebut.

Zuckerberg memang bukan satu-satunya orang yang dibuat kagum buku yang ditulis tahun 1377 tersebut. Sejarawan berpengaruh Inggris, Arnold J Toynbee menggambarkan The Muqaddimah sebagai karya filosofis sejarah yang tiada dua.

“Tak terbantahkan lagi merupakan karya terbaik yang pernah dibuat sepanjang masa,” mengutip Encyclopedia Britannica yang dilansir Business Insider, Senin (8/6).


0 comments:

Post a Comment