Searching...
Tuesday, June 2, 2015
3:29 PM 0

5 Jenis manusia yang sangat dibenci oleh para Malaikat


Malaikat diciptakan oleh Allah dari cahaya, ia memiliki kekuatan yang diberikan oleh Allah kepadanya. Malaikat juga dikenal sebagai makhluk yang paling taat kepada Allah, mereka tidak pernah membangkang terhadap perintah-perintah-Nya.

Dalam banyak hadits, Rasulullah pernah menjelaskan tentang apa yang disukai malaikat dan tidak disukainya. Mengapa kita perlu tahu? karena pada hakikatnya malaikat menyukai semua yang Allah sukai, begitu pula sebaiknya malaikat juga tidak menyukai yang Allah tidak sukai.
Selain itu, kita juga dapat menjauhi hal-hal yang tidak baik dari sini. Karena, dengan melakukan hal-hal yang baik maka malaikat juga akan ikut mendoakan kita dengan doa yang baik pula.

“(Malaikat-malaikat) yang memikul ‘Arsy dan malaikat yang berada di sekelilingnya bertasbih memuji Tuhannya dan mereka beriman kepada-Nya serta memintakan ampun bagi orang-orang yang beriman (seraya mengucapkan): “Ya Tuhan kami, rahmat dan ilmu Engkau meliputi segala sesuatu, maka berilah ampunan kepada orang-orang yang bertaubat dan mengikuti jalan Engkau dan peliharalah mereka dari siksaan neraka yang menyala-nyala,” [QS. Ghāfir ayat 7]

Para malaikat juga akan memohonkan ampunan bagi orang-orang yang bertaubat dan mengikuti jalan Allah. Para malaikat akan mendoakan orang-orang beriman dan beramal saleh. Dan malaikat tidak akan mendoakan orang-orang yang melakukan hal-hal yang tidak disukai olehnya, berikut ini adalah hal-hal yang tidak disukai malaikat:

1. Malaikat Tidak Menyukai Rumah yang Terdapat Anjing, Gambar (Lukisan) dan Patung

Rasulullah bersabda: “Malaikat tidak akan memasuki rumah yang di dalamnya terdapat anjing, juga tidak memasuki rumah yang didalamnya terdapat gambar (patung)” [Hadits sahih Imam Ahmad, Bukhari, Muslim, Tirmidzi, Nasa’i dan Ibnu Majah]

Namun, beberapa ulama berpendapat bahwa gambar yang dimaksud adalah gambar-gambar yang membawa fitnah seperti gambar yang dikultuskan atau dipuja dan gambar-gambar yang mempertontonkan aurat. Namun, untuk gambar-gambar atau patung yang ditujukan untuk proses pendidikan dan kedokteran tidaklah dilarang.

2. Istri yang Menolak Melayani Suami

Dari Abu Hurairah r.a, Rasulullah SAW bersabda, “Apabila seorang istri bermalam meninggalkan atau menjauhi tempat tidur suaminya maka malaikat akan melaknatinya sampai pagi” [HR. Muslim]

Mengapa malaikat melaknat istri yang menolak untuk melayani suaminya? ini bukan karena malaikat sedang membela kaum pria, namun malaikat tahu dosa yang lebih besar sedang mengancam pasangan ini apabila istri menolak suaminya tanpa alasan.

3. Istri yang Pergi Tanpa Izin dari Suami

Pada suatu hari Ibnu Umar ra pernah menjumpai seorang wanita sedang menemui Rasulullah dan berkata, “Wahai Rasulullah, apakah hak seorang suami atas istrinya?” Rasulullah bersabda, “Haknya adalah hendaknya jangan keluar dari rumahnya kecuali dengan izinya. Jika ia melakukanya, maka Allah dan Malaikat Rahmat akan melaknat hingga ia bertaubat.” [HR. Abu Dawud]

Prosedur dalam menjalani rumah tangga sudah diatur jelas di dalam Islam, yaitu bahwa suami adalah pemimpin atau imam dalam rumah tangga. Sehingga, istri harus taat kepada suaminya. Dan apabila ia hendak keluar rumah, sebaiknya ia meminta izin kepada suaminya.

4. Malaikat Tidak Menyukai Orang yang Pelit

Malaikat tidak menyukai orang-orang yang bakhil dan pelit. Selain itu, Allah juga sangat tidak suka terhadap orang-orang yang memiliki sifat pelit karena Allah adalah Maha Pengasih, Dia-lah Yang Maha Pemberi Rizki.

Rasulullah SAW bersabda, “Tidak satu hari pun ketika seorang hamba melalui hari itu kecuali dua malaikat turun kepadanya. Salah satunya berkata, ‘Ya Allah, berikanlah ganti bagi orang-orang yang berinfaq,’ Sedangkan yang lainya berkata, ‘Ya Allah hancurkan orang yang kikir.'”.

Maka dari itu, jauhilah sifat pelit karena hal itu sangat dibenci oleh Allah dan malaikat-Nya.

5. Malaikat Melaknat Orang yang Mencela Rasul dan Sahabatnya

Rasulullah SAW bersabda, “Sesunguhnya Allah telah memilih aku dan juga telah memilih bagiku para sahabatku, maka Ia menjadikan bagiku dari mereka itu para pembantu tugasku dan para pembelaku, dan para menantu dan mertuaku. Maka siapa saja mencerca mereka, maka atasnyalah kutukan Allah dan para malaikat-Nya dan segenap manusia. Allah tidak akan menerima di hari kiamat para pembela mereka yang bisa memalingkan mereka dari azab Allah” [HR. Al Laalikai dan Hakim]

Itulah beberapa hal yang tidak disukai oleh malaikat, semoga bisa bermanfaat untuk Anda dan kita semua. Bila ada kesalahan mohon di koreksi, terimakasih.(makintau).


0 comments:

Post a Comment